Adab Berbicara

1. Banyak bicara Hadits Nabi : Sesungguhnya diantara kalian yang paling aku cintai dan paling dekat posisinya denganku di akhirat adalah kalian yang paling baik akhlaknya. Dan sungguh yang paling aku benci dan paling jauh posisinya dariku di akhirat adlah kalian yang yang paling buruk akhlaknya, yaitu banyak bicara, banyak bicara dengan sombong dan memfasih-fasihkan diri (HR. AHMAD)

2. Memonopoli Pembicaraan Syaikh Abdurrahman bin Nashir as Sa’di rahimahullah : Hindari keinginan memimpin ketika berkumpul bersama manusia, sementara kamu bukan pemimpin. Dan hindari banyak bicara, berbicara pada setiap bab.

3. Membanggakan diri Firman Allah : Janganlah kamu mengatakan dirimu suci ( Qs. An-Najm: 32 ). Ibnu al-Muqaffa : Jika kamu merasa memiliki kelebihan, maka merasa beratlah untuk menyebut dan menampakkannya. Ketahuilah, apabila kelebihanmu nampak dengan cara seperti itu, maka justru hati manusia akan menetapkan lebih banyak aibmu ketimbang menetapkan kelebihanmu.

4. Kurang memperhatikan kesudahan ucapan Hadits Nabi : Seorang hamba terkadang mengeluarkan kata yang di Ridhai Allah, sementara ia tidak memperhatikannya, lalu disebabkannya Allh meninggikan derajatnya. Dan seorang hamba terkadang mengeluarkan kata yang dimurkai Allah sementara ia tidak memperhatikannya, lalu ia akan masuk neraka jahanam karenanya (HR BUKHARI)

5. Kurang memperhatikan perasaan orang lain Orang terhormat yang berwibawa & beradab adalah orang yg memperhatikan perasaan orang lain, tidak menyakiti mereka dengan sepatah katapun dan tidak melukai perasaan mereka baik dengan isyarat atau yang lainnya. Namun justru menjaga kemuliaan dan perasaan mereka (Bahajat al-Majelis 2/298)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s