Kala Hantu Menari di Bioskop

Kalau sekarang kita lihat koran khususnya bagian iklan film bioskop, hampir tidak pernah absen film horor lokal dengan judul yang terkadang membuat saya malah ingin tertawa.

Judul film horor yang tak ubahnya dengan judul film komedi, saya ambil contoh misalnya film KUNTILANAK KESURUPAN. Apa gak gila namanya ? Sudah hidup di alam lain masih kesurupan juga ? Ajaib !! Saya acungi 4 jempol saya (termasuk yang ada di kaki) untuk kreativitas ide pembuatan film tersebut. Tapi terus terang saya sedih melihat banyaknya film horor yang (maaf) tidak bermutu dan lebih cenderung  hanya menampilkan adegan-adegan seksinya saja.

Sampai ada seorang teman fesbukkan saya yang menulis di status fb-nya: Film Indonesia saat ini telah kembali ke jaman tahun 90-an yang isi film2nya hanya didominasi oleh adegan esek-esek ….

Saya masih ingat betapa euforianya masyarakat ketika perfiman Indonesia mulai bangkit, kembali menggeliat dan merajai bioskop dengan karya-karya yang bermutu. Sebut saja : Ada Apa Dengan Cinta (AADC) yang fenomenal, Jelangkung 2 (yang bisa dibilang sebagai awal dimulainya wabah film horor di Indonesia saat ini), Arisan, Berbagi Suami, Naga Bonar jadi 2, Ayat-Ayat Cinta, Laskar Pelangi, dan banyak lagi film-film bermutu lainnya yang layak tonton (kalau menurut saya).

Intinya, menurut saya, sebenarnya film Indonesia saat ini malah tengah mengalami kemunduran yang sangat signifikan walaupun jumlah film yang diproduksi di negara ini cenderung meningkat tiap tahunnya. Hanya saja peningkatan tersebut hanya dalam kuantitas dan bukan kualitas, sungguh menyedihkan.

Seandainya para pembuat film itu menyadari bahwa film bisa menjadi salah satu sarana pendidikan masyarakat, mungkin tidak akan lagi kita lihat film-film yang bertema aneh yang hanya akan membuat bodoh penontonnya pada bioskop-bioskop kesayangan kita. Semoga ….

Tinggalkan Balasan

