Sistem Pendidikan, Orangtua dan Sekolah

Sudah lama sebenarnya saya berniat untuk menulis hal yang sensitif  ini, tapi mungkin saat ini banyak sekali yang dapat saya jadikan sebagai contoh bahwa sekarang sudah terjadi pergeseran hubungan antara nilai-nilai pelajaran atau apapun yang dikeluarkan dari sekolah. Karena kalau dulu jaman saya masih kecil, saya masih merasakan hubungan erat antara penghargaan dari sekolah dengan prestasi murid sedangkan sekarang setelah saya telah menjadi ibu, hubungan itu sudah berubah dari hubungan erat antara penghargaan yang diberikan sekolah dengan apa yang diberikan orangtua murid.

Sebagai contoh, saya banyak sekali menemukan banyak anak yang dikenal oleh para guru sebagai pengajar hanya karena dia adalah anak dari si ibu anu, atau anak tersebut diistimewakan karena dia anak si ibu itu. Sampai ada satu kasus yang saya dengar dimana seorang anak ketika dimarahi oleh sang guru, bisa membantah dan malah mengancam sang guru akan diadukan kepada ibunya. Lalu dimana wibawa seorang guru yang notabene adalah pengajar ? Bukankah anak tersebut bersekolah di sekolahyang umum dan bukan sekolah pribadi milik keluarganya ?

Atau kasus yang tengah hangat sekarang ini dimana ada beberapa anak yang maju dan mengakui bahwa dia  telah disuruh oleh gurunya untuk memberikan jawaban soal ujian kepada teman-temannya agar seluruh siswa di sekolah itu dapat lulus. Benar-benar dunia pendidikan sudah tiarap kalo menurut saya. Pendidikan moral macam apa yang hendah diajarkan kepada anak-anak generasi penerus bangsa ini kalau untuk berlaku jujur saja sudah tidak lagi dapat dicontohkan oleh guru yang seharusnya digugu dan ditiru ?

Sisitem pendidikan yang aneh yang diterapkan pemerintah saat ini juga menurut saya sangat mendukung terjadinya permasalahan ini. Sisitem pendidikan yang lebih mengutamakan basis teori dibandingkan aplikasi teori tersebut. Karena sesungguhnya salah satu kekurangan dan kelemahan sistem pendidikan negeri ini adalah kurangnya kesempatan para siswa untuk belajar dan mengetahui permasalahan yang terjadi secara riil sehingga mereka dapat mempelajari bagaimana cara mengantisipasi jika permasalahan tersebut muncul.

Sesungguhnya negara ini bisa menjadi negara yang sangat kuat, dengan SDM yang sangat berkualitas. Karena pada dasarnya anak-anak Indonesia adalah anak-anak yang cerdas, dan kita memiliki banyak sekali sumber daya alam untuk bahan pembelajaran. Jika saja setiap departemen-departemen itu mau bekerjasama untuk memajukan kualitas pendidikan negara ini, PASTI BISA karena KITA MAMPU !!!!

 

Tinggalkan Balasan

