P U A S A

Sepertinya sudah lama banget saya gak nengok-nengok blog tersayang ini, padahal banyak banget yang pengen saya tulis karena semua hal udah campur aduk di kepala saya. Mungkin suatu hal yang masih hangat dan masih mengganggu perasaan dan memori otak saya adalah bagaimana penyikapan saya mengenai puasa itu sendiri. Sebab untuk saya pribadi semua nilai keimanan saya sudah mengalami pergeseran..

Sebab entah mengapa beberapa tahun belakangan ini saya seperti mengalami fase bahwa berpuasa adalah suatu ritual yang biasa saja dan hanya merupakan kebiasaan tahunan, termasuk perayaan lebarannya dan kerelaan untuk ikut serta dalam parade bermacet-macet ria demi tradisi mudik.

Inti kerohanian saya untuk merasakan getaran atau kegembiraan saat berpuasa maupun berlebaran seperti yang saya alami pada saat saya masih kecil sepertinya susah untuk saya dapatkan kembali. Apa mungkin alasan terkuatnya karena saat itu sayalah pihak yang menerima semua pemberian uang hadiah lebaran sementara saat ini sayalah pihak yang harus mengeluarkan uang untuk para keponakan-keponakan saya ….🙂 … Just Kidding … :p

Tapi saya yakin itu bukan faktor penyebab kenapa saya seperti kehilangan rasa dan kehangatan bulan suci di beberapa tahun terakhir ini. Saya jadi bingung menghadapi bulan puasa, khususnya puasa saya di tahun ini. Saya sepertinya jadi hanya bisa berpuasa dengan menahan lapar dan haus saja tanpa bisa memaknai kekhusuan saat berpuasa dan ‘peperangan’menahan hawa nafsu.

Jujur saja, beberapa tahun belakangan ini saya merasa kosong dalam menjalankan ibadah berpuasa, mungkin saya merayakan berlebaran dan menangis saat mendengarkan takbir dan tahmid, tapi sesungguhnya dalam hati kecil saya yang terdalam , saya mempertanyakan apa pelajaran yang telah saya peroleh selama masa penggodokkan bulan puasa yang dapat meningkatkan taraf keimanan saya ?

Tinggalkan Balasan

