Kembali Kosong

Entah kenapa saya memandang hidup agak aneh akhir-akhir ini, saya sepertinya sangat paham dan hapal dengan dunia yang selama ini berputar di sekeliling saya. Tetapi ternyata saya tidak mengerti apapun dibandigkan dengan orang-orang yang selama ini ada di dalam lingkaran kehidupan saya.

Banyak sekali kejutan yang membuat saya harus sedikit mengerutkan kening saya ketika menerima banyak sekali kritikan dan masukkan mengenai sifat-sifat dan sikap saya yang selama ini saya anggap ‘baik-baik’ saja. Ternyata semua memang diluar prediksi kita, saya terutama. Walaupun saya menyadari ada beberapa sifat saya yang saya anggap masih dalam taraf wajar, ternyata tidak wajar bagi teman-teman terdekat saya.

Memang sudah seharusnya kita lebih awas dengan sifat yang kita anggap wajar, karena kalau kita gak awas, kita bisa tergolong manusia yang gak waras karena kita gak akan mau introspeksi diri. Itu kalo menurut pendapat saya, karena semakin kita dikritik dan diberitahu harusnya dimaknai bahwa kita masih disayang karena masih ada orang yang mau memberitahu kekurangan kita.

Ada saatnya kita harus kembali kosong, dan ada saatnya kita harus kembali merasa menjadi bodoh untuk menjadi pintar. Karena jika kita selalu merasa pintar maka kita tidak akan mendapatkan ilmu baru, tetapi hanya kesombongan yang kita dapat karena perlahan tapi pasti kita akan merasa menjadi manusia yang sempurna dan orang lain ada di bawah kita.

So, jangan pernah malu mengakui bahwa kita tidaklah sempurna dan tidak mengetahui apapun. Karena itu adalah ladang buat kita belajar dan mengisi ketidaktahuan itu dengan hal baru atau mengganti yang sudah ada dengan kualitas yang lebih baik.

Selamat belajar !!!!

Tinggalkan Balasan

