JUJUR

images (23)Kemarin setelah menonton Mata Najwa episode ” Penebar Inspirasi “, bener-bener buat inspirasi. Ternyata negara ini mulai membenahi diri, dan mulai muncul orang-orang ‘bersih’ yang sudah ‘muak’ dengan keadaan bangsa yang carut marut gak karuan.

Kata jujur itu memang hanya 5 huruf, tetapi artinya dan pelaksanaannya susaaaahnya minta ampun. Dan saya jadi lebih berniat untuk membentuk manusia yang benci korupsi, mungkin bisa dimulai dari hal-hal kecil dan berasal dari keluarga kita. Saya sekarang hanya berusaha menanamkan nilai-nilai kejujuran ke anak saya dan menekankan bahwa mengambil hak orang lain itu dosa besar.

Memang agama adalah dasar dari penanaman akhlak tetapi apakah penanaman itu bisa diimplementasikan nantinya ? Karena sekarang yang masuk di daftar KP juga banyak orang-orang yang berasal dari kalangan agama …

Mungkin sekarang generasi saya masih harus berkutat dengan korupsi dimana-mana tetapi saya berharap sekali nanti generasi anak saya korupsi sudah tidak se’gila’ sekarang. Saya optimis negara akan menjadi lebih baik jika semua dari kita mulai membentuk anak kita yang anti korupsi. Saya hanya ingin melihat tidak ada lagi ada anak-anak yang menjadi pengemis, asongan dan tidak ada lagi orang yang meninggal karena kelaparan.

Sekarang saya hanya berusaha menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat sekitar. Dan berusaha menjaga amanah pekerjaan yang diberikan, bertanggung jawab atas semua kewajiban yang terkait di dalamnya ( semoga bisa dikerjakan ) dan tidak merugikan orang lain dalam melaksanakan kewajiban tersebut.

Saya sangat bangga terhadap anak saya yang berani bertanggung jawab untuk semua tindakan yang dilakukannya dan tidak pernah mencontek dalam ujian di sekolahnya. Itu kebanggaan tersendiri untuk saya sebagai seorang ibu, anak saya sudah belajar jujur dari usia dini. Dia lebih senang memperoleh nilai jelek dan ujian perbaikan dengan usaha sendiri daripada memperoleh nilai baik tetapi dengan cara tidak jujur.

Semoga saja sifat baik itu berkelanjutan hingga dia dewasa nanti, aamiin YRA.

Tinggalkan Balasan

