Being Single

images (7)Hidup sendiri baik tanpa direncanakan maupun direncanakan sebetulnya sama saja intinya, kita kudu survive dengan pilihan yang sudah kita pilih. Hukum itu berlaku baik perempuan dan laki-laki, khususnya sih perempuan sebetulnya, karena saya perempuan jadi lebih gampang buat ngomonginnya.. hehehe

Untuk seseorang yang memutuskan untuk menjadi single, dia secara otomatis akan mempersiapkan diri dan menguatkan diri untuk menjalani hidup dan membentuk pribadi yang ‘tahan banting’. Termasuk menjawab setiap pertanyaan menjengkelkan : ” Kapan nikahnya ?” dan pertanyaan nyeleneh lainnya.

Biasanya semua baru akan menjadi masalah jika kita dipaksa untuk menjadi single, dan biasanya banyak orang langsung tiba-tiba berubah menjadi manusia paling lemah diantara manusia lainnya. Padahal sebetulnya kita semua adalah mahluk sempurna yang diciptakan Allah dengan segala kelebihan, kekurangan dan keunikkannya.

Saya percaya bahwa di setiap kejadian pasti ada hikmah di balik itu dan semua kejadian seharusnya membuat kita menjadi manusia yang jauuuuuh lebih kuat dan lebih baik dari sebelumnya. Walaupun memang buat melihat semua kejadian dengan pola pikir dan sudut pandang yang lain sungguh sulit.

Mungkin kedengarannya klise, kita cuma perlu bersabar dan melihat semuanya lebih objektif. Banyak sekali artikel yang memberikan saran bagaimana kita survive dan menjadi manusia yang lebih baik. Hal tersebut memang baik untuk dilakukan setidaknya untuk membantu kita buat belajar tindakan apa saja yang bisa membuat kita lebih kuat.

Tapi semua orang memiliki cara unik masing-masing untuk menjadi lebih kuat dan belajar untuk bertahan dalam hidup. Dan semua cara yang ditempuh selama itu tidak merugikan orang lain, halal menurut norma hukum dan norma agama, itu sah menurut saya dan bisa menjadi contoh pembelajaran cara bertahan hidup.

Saya sudah menemukan cara survive  saya sendiri dan menemukan formula pribadi yang bisa saya terapkan dalam menjalani kehidupan saya beserta anak saya. Saya harap teman-teman semua juga dapat menemukan formula ‘survive’ ala teman-teman…

Cheers ..🙂

Tinggalkan Balasan

