Perpisahan

images (14)Dua hari yang lalu saya memeproleh berita duka tepat pada saat saya akan mempersiapkan meeting kantor, tante saya berpulang… Innalillahi wa inna illaihi rajiuun… Semoga mami (panggilan saya kepada tante saya) sekarang sudah berada di tempat terbaik yang disediakan Allah SWT, aamiin YRA.

Terus terang saya tidak menangis pada saat almarhumah masih disemayamkan di rumah, dan saya baru menangis pada saat jenazah sudah di masukkan ke liang lahat dan ditutupi oleh papan. Disitulah baru air mata menetes satu demi satu, sementara yang lainnya sudah ‘kenyang’ menangis sejak semalam.

Saya gak tau, yang saya tangisi adalah bukan kepergian tante saya, tapi prosesinya yang alhamdulillah lancar. Saya berpikir dalam dan terus terang was was juga, apa nanti pas tiba saat saya yang harus berpisah dan berpulang, prosesinya akan selancar kemarin dan saudara-saudara masih bisa berkumpul dan mengantarkan saya ke ‘tempat tidur’ saya yang terakhir.

Kejauhan mikirnya ? Mungkin. Tapi beneran .. Sekarang setiap melihat ada orang meninggal dan dikuburkan, saya makin was-was, dan jadi lebih mikir apakah nanti semua yang hadir kemarin dan teman-teman lainnya masih mau meluangkan waktu untuk melayat seperti mereka melayat tante saya kemarin.

Kadang kita baru menyadari bahwa kita menyayangi seseorang setelah orang tersebut sudah tidak ada lagi. Dan yang pasti kita harus melupakan semua kesalahan dan kekhilafan orang yang sudah berpulang serta mengenang semua kebaikan yang pernah dilakukan dan belajar dari semua kebaikan yang pernah dilakukan.

Perpisahan yang abadi pasti dialami sama semua orang dan pada umumnya kita gak ada yang siap untuk menghadapinya.Tapi yang pasti saya mulai saat ini akan berusaha untuk memperbaiki diri dan selalu bermunajat kepada yang mempunyai hidup supaya selalu bisa berpegang pada tali hidayah-Nya… aamiin YRA.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s