5 sumber makanan yang mengandung antioksidan alami

 

  • antioksidan alami

Makanan sebagai sumber antioksidan alami, itulah makanan yang diberikan oleh alam untuk kita sebagai manusia agar mampu menghadapi berbagai bahaya radikal bebas.

Rutinitas sehari-hari pada kehidupan masa kini tidak bisa lagi menghindar dari yang namanya radikal bebas. Pada dasarnya, radikal bebas bukan sebuah sumber penyakit, namun merupakan sebuah kondisi di dalam tubuh manusia dimana molekul di dalam tubuh kehilangan satu buah molekul.

Molekul tidak seimbang yang dimaksud akan terpecah dengan elektron tidak berpasangan, kondisi semacam ini membahayakan karena molekul yang disebut sebaga radikal bebas tersebut akan mudah bereaksi dengan molekul lain.

Penyebab Radikal bebas

Tubuh manusia pada dasarnya di desain secara alamiah untuk dapat menangkal radikal bebas yang ada. Namun, jika jumlahnya berlebihan yang berasal dari dalam (internal tubuh) maupun dari luar (eksternal) maka tubuh tidak mampu mengatasi kondisi tidak seimbang semacam itu.

Radikal bebas dalam tubuh bisa bersumber dari beberapa kondisi yang dialami oleh seseorang baik secara sadar maupun tidak, antara lain :

    • Stress Oksidatif
      Stress atau tekanan yang dialami oleh seseorang, yang diwujudkan dengan ekspresi emosi seperti gelisah, marah, jengkel, dan sebagainya.

 

    • Polutan
      Polusi yang berupa asap rokok, asap kendaraan bermotor, pabrik dan limbah asap atau cair lain-lain.

 

    • Sinar ultraviolet
      Paparan sinar matahari dalam durasi lama dengan frekuensi kekerapan yang signifikan juga mampu memberikan efek ketidakseimbangan molekul dalam tubuh (radikal bebas)

 

  • Makanan tidak sehat
    Makanan dengan bahan kimia berbahaya seperti pengawet buatan (MSG, vetsin), pewarna sintetis, perasa dan pemanis buatan. dan lain-lain

Selain beberapa penyebab diatas tentunya masih banyak lagi berbagai hal dan kondisi yang memungkinkan seseorang terpapar radikal bebas. Kebiasaan, gaya hidup, pola makan (mengkonsumsi makanan penyebabradikal bebas) memberikan peran signifikan dalam hal ini.

Akibat kekurangan AntiOksidan

Efek negatif yang ditimbulkan oleh radikal bebas atau dalam artian kekurangan antioksidan adalah bersifat kronis. Maksudnya adalah dampak buruk berupa penyakit akan dirasakan dalam waktu yang cukup lama.

Contohnya, ketika seseorang terbiasa mengkonsumsi makanan dengan penyedap buatan, dampak buruknya akan dirasa setelah beberapa tahun berselang. Dan, ketika sudah mengidap penyakit tersebut maka membutuhkan upaya pengobatan dengan kesungguhan. Maka, mencegah lebih baik tentunya.

Berikut akibat yang ditimbulkan karena kekurangan antioksidan, dijelaskan dalam bentuk gambar :

akibat kekurangan antioksidan

akibat kekurangan antioksidan

 

img credit : hydroxygen

Dalam gambar tersebut sangat jelas sekali bahwa efek kekurangan antioksidan sangat vital bagi tubuh. Mulai dari organ tubuh bagian mata, wajah (dengan indikasi penuaan dini atau tampak lebih tua dibanding dengan usianya), dada, perut, pernafasan hingga bagian dalam seperti ginjal juga terancam.

[ baca juga : Cara mencegah penuaan dini ]

Hal ini penting dicatat, karena hingga kini masih ada saja kalangan masyarakat yang menganggap kecantikan atau elastisitas kulit hanya karena faktor genetis atau make-up, bukan karena faktor pola makan yang tepat.

AntiOksidan Alami

Subhanallah, Atas kuasa Allah swt, di alam ini juga disediakan berbagai macam makanan berupa buah, minuman serta rimpang yang berfungsi sebagai sumber obat bagi berbagai penyakit yang sedang dialami oleh manusia.

Semuanya mudah kita dapatkan, asalkan kita mengetahui berbagai khasiat dan manfaatnya. Contohnya, jeruk nipis untuk jerawat, kopi murni untuk mengatasi kanker usus besar, ekstrak kulit manggis untuk berbagai penyakit degeratif kronis, dan masih banyak lagi.

Berikut 5 sumber makanan yang mengandung antioksidan alami :

    • Mahkota Dewa
      Tanaman obat yang berasa dari Papua ini terbukti memiliki beberapa khasiat. Tanaman ini mengandung senyawa Alkaloid, Saponin, Flavonoid dan Polifenol. Senyawa-senyawa tersebebut diantaranya bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula, detoksifikasi dan juga sebagai anti-alergi.

 

    • Buah Tomat
      Senyawa penting dalam buah Tomat adalah zat Lycopene, dimana zat ini sangat berguna untuk menanggal pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

 

    • Buah Anggur
      Buah ini mengandung antioksidan alami dari golongan senyawa Resveratol, antosianin dan Flavonoid. Ketiga senyawa ini bermanfaat untuk meningkatkan kineerja sel endotelial yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah dalam arteri sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung.

 

    • Buah Manggis
      Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang berbagai kandungan buah manggis serta khasiat dan manfaatnya. Senyawa aktif pada buah ini yang bernama Xantone justru banyak terdapat dalam bagian kulit buahnya.

 

  • Taoge
    Taoge hingga saat ini masih dianggap makanan pelengkap, padahal memiliki kandungan senyawa aktif yang sangat bermanfaat untuk tubuh, antara lain, folat, protein, fitoestrogen dan vitamin C. Secara keseluruhan sumber makanan ini bermanfaat untuk memerangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Nah, sumber alami yang disebutkan diatas hanya sebagian kecil makanan yang mengandung senyawa antioksidan. Selain itu masih banyak lagi yang masih bisa diinventarisasi.

 

Sumber : http://segar-bugar.tumblr.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s