Demo untuk siapa ?

Pusing sekaligus gemas saya lihat kondisi sekarang ini, banyak demo dimana-mana  karena kenaikkan bbm yang baru terjadi 3 hari yang lalu itu. Yang menjadi pertanyaan saya adalah : bukankah dari awal masa kampanye pemimpin yang saat ini berkuasa sudah memberikan sinyal bahwa jika mereka terpilih  maka hal yang pertama kali dilakukan adalah menaikkan harga bbm ?Karena mereka melihat bahwa yang menikmati subsidi bbm adalah bukan masyarakat yang seharusnya menerima subsidi tetapi masyarakat mampu dengan mobil-mobil yang seharusnya menggunakan bensin non subsidi ?

Lalu kenapa harus demo di awal tanpa melihat apakah rencana yang dijalankan berjalan atau tidak ? Terlalu dini kalau menurut saya, dan terlalu emosional sekali tanpa melihat skenario ini secara keseluruhan. Bukannya saya membela kepentingan segelintir orang atau pemimpin yang saat ini berkuasa, tetapi kalau menurut saya inilah ajang pembuktian kerja para menteri untuk mengatur agar proses ‘perpindahan’ dana subsidi ini dari subsidi bbm ke pos lainnya berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan polemik baru di masyarakat.

Mungkin untuk awalnya menteri ESDM, menteri perhubungan, menteri perdagangan bisa bergerak dengan mengontrol kenaikan yang terjadi akibat kenaikkan ini. Karena kenaikkan bbm ini sangat berpengaruh pada kenaikan biaya transportasi umum, harga produk konsumsi dan biaya-biaya lain yang berkaitan dengan itu.

Saya bukan seorang pengamat politik, saya hanya seorang anggota masyarakat biasa yang prihatin dan bingung dengan perkembangan yang terjadi belakangan ini. Berdasarkan itulah makanya saya menuliskan kegundahan saya ini karena terus terang saya bingung dengan pola pikir mahasiswa yang marak demo belakangan ini. Demo dengan segala macam cara yang akhirnya menimbulkan kesulitan yang baru bagi masyarakat.

Mulai dari memblokir SPBU, memblokir jalan dll,dan semua itu diatas namakan membela kepentingan rakyat kecil. Tapi ujung-ujungnya karena kegiatan tersebut malah mempersulit keadaan masyarakat. Mereka jadi kesulitan untuk mendapatkan bbm dan kegiatan tersebut mengganggu kelancaran lalu lintas. Lalu, kalau sudah begini, kepentingan rakyat kecil yang mana yang diwakili oleh mereka ?

Dan sekali lagi saya perjelas bahwa tulisan ini hanya merupakan cara saya sebagai salah satu anggota masyarakat untuk mengungkapkan semua unek-unek di kepala saya tanpa berusaha untuk mendeskreditkan pihak-pihak tertentu …. Dan mohon maaf bagi yang tidak berkenan dengan pola pikir saya …

Tinggalkan Balasan

