Tabel keuangan

image002  Menghabiskan malam minggu dengan membuat tabel perencanaan keuangan ternyata lucu juga. Padahal belum tentu juga bisa dijalanin semua, tapi at least bisa jadi pegangan lah kedepannya sisa uang yang bisa dipake buat harian dan happy2 ada berapa. Yang penting pengeluaran tetap yang sudah lunas semua.

Sudah seitar 2 tahun terakhir aku ngelakuin hal ini, emang pertama-tama bikin sakit kepala, tapi ternyata enak juga lama-lama, jadi bisa tenang karena walaupun sedikit, ada dana yang bisa di save dan bisa punya dana cadangan kalo ada apa-apa tanpa mengganggu tabungan ‘haram’… Maksudnya tabungan masa depan yang haram buat dipake sekarang..

Sekarang sepertinya punya harapan kalo di 2016 depan, aku bisa hidup tanpa hutang dan tunggakan CC, malah sudah fixed dengan tabungan, insyaAllah bisa kalau semua berjalan baik dan gak ada kejadian-kejadian yang gak terduga.

Dan satu yang pasti aku pelajari adalah semua pengeluaran itu tergantung kita, apakah mengikuti kebutuhan atau keinginan. Dan yang pasti apakah kita berubah sesuai dengan jumlah dana yang masuk ke kantong atau kita tetap stagnan dengan gaya hidup yang sekarang, berapapun dana yang sekarang menjadi besaran pendapatan kita.

Seneng juga bisa belajar keuangan dasar kayak gini.. PELIT ? Kalo aku bilang bukan, kita bisa tetep FUN tanpa pusing dengan tagihan yang belum lunas karena kita gak maksain gaya hidup yang mungkin belum cocok dengan pendapatan kita.

Thats simple ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s